Mitos Desa TegalSumur Brati Grobogan

 


Hallo guys, perkenalkan nama saya Anisa Rismawati disini saya akan sedikit berbagi cerita nih hehehe, Saya berasal dari salah satu Desa yang berada di Kabupaten Grobogan,pusat perkotaan yaitu Kota Purwodadi 18km menuju ke Desa saya. Desa yang berada di pegunungan kendeng utara nama Desa tersebut yaitu Desa Tegalsumur Kec.Brati.

Menurut cerita asal usul Desa Tegalsumur didirikan oleh Mbah Jakiyo dan Mbah Jakiyah. Mereka adalah sepasang suami istri. Mbah Jakiyo ketika babat alas untuk dijadikan tegalan. Suatu hari beliau haus sehingga beliau membuat sumur didaerah tegalan tersebut, hingga beliau berkata “Mbesuk yen ono rejane jaman panggonan iki tak jenengke Tegalsumur”.

Suatu hari sumur itu (sumur sedep) menyemburkan air yang banyak sehingga daerah itu banjir sampai ke daerah Brati, bisa saja Kota Purwodadi tenggelam, Mbah Jakiyo lalu menemui guru sejati yaitu Sunan Kalijaga. Kemudian, Sunan Kalijaga menyuruhnya untuk menyumbat sumber air sumur itu dengan wajan besi dan sapu lidi yang sudah diwejang Sunan Kalijaga. Sehingga daerah tersebut tidak terendam banjir.

            Sampai sekarang sumur sedep tersebut airnya berwarna kuning keemasan tapi sedap airnya sampai sekarang dijadikan punden. Setiap 2 tahun sekali diadakan sedekah bumi menyembelih seekor kerbau dan pentas wayang. Menurut mitos warga Tegalsumur “Kalau menghina air sumur sedep keesokan harinya akan meninggal dan Kalau ada acara boyong pengantin lewat jalan sumur tersebut pengantinnya bisa meninggal dunia dalam acara pesta pernikahannya”. Di Desa Tegalsumur ada 3 sumur keramat yaitu, Sumur Sedep,Sumur Gempol dan Sumur Gede.

            Desa Tegalsumur terbagi atas beberapa Dusun (RW) diantaranya Dsn.Gedong,Jambean,Nglirian,Kwarungan,Karanganyar, dan Gebang. Saya pun sendiri tinggal di Dusun Gedong. Masyarakat Desa Tegalsumur umumnya mengandalkan sector pertanian sebagai mata pencaharian utamanya, Wilayah Tegalsumur yang berada di pegunungan menjadikan Desa Tegalsumur cukup subur untuk pertanian. Hasil pertanian diTegalsumur yaitu, Jagung,sirsak,papaya,durian, rambutan, pundung,manggis,manga, dll. Selain itu, masyarakat di dusun saya tinggal mata pencaharian utamanya yaitu memproduksi genteng yang terbuat dari tanah liat, dan masyarakat yang lainnya ada yang bekerja sebagai PNS,Wiraswasta,ataupun yang lainnya.
            Desa Tegalsumur merupakan desa yang berada didataran tinggi tak heran jika desa ini menjadikan wilayah pedesaan berbeda dengan wilayah desa lainnya, karena Desa ini yang masih asri,pemandangan gunung yang begitu indah, jika anda pertama kali menginjakkan kaki di Desa ini akan sangat kagum dengan pemandangan pegunungan. Tak memgherankan memang Desa Tegalsumur dijuluki sebagai sentra jagung di Kawasan Kabupaten Grobogan.

            Jika anda ingin ke Desa Tegalsumur tidak usah ada keraguan dikarenakan jalan yang sudah bagus dengan jalan beton, tetapi ada sebagian jalan yang masih dalam proses pembangunan sayapun berharap agar pembangunan jalan di Desa saya bisa merata. Sejauh ini jika ingin membeli sesuatu harus ke pasar, Pasar itupun adanya di Kec. Brati. Tetapi di Tegalsumur sudah banyak warung sembako yang cukup besar agar dapat memenuhi kebutuhan warga.

            Terkadang warga stress dengan permasalahan ekonomi, hal tersebut dikarenakan salah satunya yaitu gagal panen, banyak hama tikus, hama ulat oleh karena itu ekonomi wargapun naik turun. Selain itu sarana prasana pun kurang untuk keperluan pertanian, saya berharap ada bantuan dari pemerintah untuk warga agar bisa panen pertanian dengan hasil yang maksimal. Contohnya dengan memberikan bantuan obat-obatan hama tikus dan ulat.

            Pendidikan di Desa saya pun sudah maju, ada beberapa sekolah dari jenjang TK,SD,SMP. Ada 2 TK yang berada di Desa Tegalsumur, dan Dsn. Gedong. ada 2 yaitu SDN 1 dan 2 Tegalsumur, dan  SMPN 1 atap Brati.




DotyCat - Teaching is Our Passion