Peserta Magang Jepang Dilepas Ikuti Pelatnas di Jakarta Sebelum Berangkat ke Negeri Sakura


GROBOGAN- Sebanyak 57 peserta magang Pelatda Pemagangan ke Jepang akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Pelatnas. Rencananya, mereka akan berangkat ke Jepang pada 14 April 2024.

Sebelumnya, sebanyak 57 peserta magang  ini telah menjalani pelatihan di UPT BLK Disnakertrans Grobogan sejak bulan November 2023.

Sekda Grobogan Anang Armunanto, memberikan pesan sebelum menutup Pelatihan Daerah Program Magang Jepang Pra Pemberangkatan Tahap I Angkatan 2024-01/ Ke- 363 sekaligus melakukan pelepasan.

"Selama 72 hari sudah dilewati oleh seluruh 57 peserta pelatihan dengan segala suka duka yang dirasakan," jelas Anang, Jumat (19/1/2024).

"Saya ucapkan selamat dan sukses kepada seluruh peserta pelatihan yang dinyatakan lulus pada pelatihan daerah kali ini," tambahnya.

Menurut Anang, program magang Jepang merupakan sebuah terobosan baru dari Pemerintah Kabupaten Grobogan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu ikut berpartisipasi dalam usaha mengurangi tingkat pengangguran di usia produktif pada skala nasional.

"Pelatihan daerah ini merupakan kegiatan yang dilakukan setelah dilaksanakannya tahap demi tahap seleksi program magang kerja ke Jepang, di mulai dari seleksi administrasi, tes matematika, tes kesemaptaan tubuh, tes ketahanan fisik, tes wawancara, medical check up, hingga tes bahasa Jepang," ucap Anang.

Tercatat ada 79 (tujuh puluh sembilan) peserta yang mengikuti pembukaan. Seiring berjalannya waktu dengan melalui berbagai tahapan evaluasi, baik evaluasi Bahasa jepang maupun evaluasi fisik maka kini tersisa 56 peserta yang dinyatakan lolos oleh IM Japan.

Peserta yang tidak lolos atau dirumahkan diberikan kesempatan lebih banyak untuk belajar bahasa jepang kembali, namun hal itu bukanlah sebuah kegagalan melainkan kesukesan yang tertunda.

Anang berpesan agar para peserta bisa menempa diri dan menjaga nama baik Kabupaten Grobogan pada pelatihan tahap I di Pelatnas. (DND)

DotyCat - Teaching is Our Passion