Ayo Membaca Masa Depan Hutan Indonesia !!!

 

Judul                         : “Risalah Rimba Riau Dan  Masa Depan Hutan Indonesia”

Penulis                     : Gracia Paramitha

Penerbit                   : Fried Namumann Stiftung fur the Freiheit Freedom Institute

Kota Penerbit          : Jakarta

Tahun Terbit           : November, 2016

Ketebaan Buku       : 52 lembar halaman

ISBN                          : 978-979-1157-43-8


                  Buku ini mengupas tentang RISALAH RIMBA RIAU DAN MASA DEPAN HUTAN INDONESIA.

Kekuatan terbesar di indonesia sebenarnya ada dikekayaan alamnya yang berlimpah. Menurut catatan Bank Dunia, hutan indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang begitu tinggi , yaitu 17 persen dari spesies burung, 16 persen reptil dan hewan amfibi, 12 persen mamalia dan 10 persen tumbuhan didunia. Peran hutan menjadi lebih penting lagi dalam kebijakan perubaan iklim di indonesia.

                 Adanya kekayaan alamnya yang melimpah, Namun tidak disertai dengan kepedulian dan pelestarian yang kuat, sehingga melemahkan kekuatan hutan Indonesia yang semakin rapuh. Ada disuatu daerah telah menunjukan bahwa Riau  telah mengalami pergantian fungsi lahan hutan sejak lama. Bahkan, Riau mendapat kategori lahan sangat kritis tertinggi dengan pertambahan sawit yang melebihi 100.000 hektar/tahun.

                Graica Pramita, telah berhasil menyajikan hasil karya kajian penelitiannya tantang RISALAH RIMBA RIAU DAN MASA DEPAN HUTAN INDONESIA. Melalui buku ini , pembaca akan diajak untuk mengetehaui dan memahami tentang salah satu kelimpahan sumber kehutanan yang tidak disertai dengan kepedulian dan pelestarian yang kuat.

                 Sayangnya buku ini banyak memakai istilah-istilah yang jarang diketahui masyarakat awam. Namun pada akhir buku ini dapat menjadi awal yang baik dalam mempelajari yang ada di Indonesia meskipun dalam membacanya perlu perhatian dan usaha lebih untuk memahaminya.

                Dalam  mempelajari buku ini kita dapat mengetahui dari sisi baik dan sisi buruknya perkembangan hutan Indonesia.

Lalu bagaimana kondisi hutan dan lingkungan yang ada di Grobogan?


DotyCat - Teaching is Our Passion