Kuliner Tradisional Istimewa, Getuk Blondo Bu Yarmi

Mungkin anda sering mencicipi makanan berbahan dasar singkong bernama getuk. Namun getuk yang satu ini sungguh berbeda dari getuk pada umumnya. Getuk Blondo Bu Yarmi, begitu orang-orang biasa menyebutnya untuk makanan yang jarang ada ini. Di kalangan pecinta kuliner khas grobogan nama Getuk Blondo bu Yarmi sudah tidak asing lagi. Rasanya yang khas, teksturnya yg lembut dan tambahan blondonya yang gurih membuat gethuk racikan bu Yarmi ini terasa istimewa.
Bu Yarmi yang sudah berjualan getuk sejak 20 tahun lalu ini membuka warung getuk di rumahnya yang terletak di pinggir jalan raya Purwodadi-Kuwu tepatnya di desa Tuko kecamatan Pulokulon. Bu Yarmi setiap hari mulai memasak getuk jam 11 siang dan menjajakan dagangannya setelah jam 3 sore. Harga untuk 1 porsi getuk adalah 2 ribu rupiah yang terdiri 2 potong getuk singkong dan 2 potong getuk tiwul yang ditaburi parutan kelapa dan ditambahkan blondo. Untuk menyempurnakan kenikmatan menikmati getuknya, bu Yarmi juga menyediakan aneka wedangan hangat seperti teh, kopi dan jahe.
Dalam sehari bu Yarmi menghabiskan 30 kilo singkong  segar dan 5 kilo gaplek dengan omset per hari dari jualan getuknya berkisar 400-500 ribu rupiah. Pembeli getuk blondo bu Yarmi bukan hanya warga sekitar Pulokulon saja. Banyak warga purwodadi dan sekitarnya yang sengaja mampir untuk mencicipi getuknya bahkan seringkali dibungkus buat oleh-oleh. Jika musim liburan tiba getuk bu Yarmi kebanjiran pembeli yang kebanyakan warga grobogan yang pulang mudik dari berbagai daerah. Mereka mengaku kangen dengan getuk blondo bu Yarmi yang tidak ada dijual di daerah lain. Seperti dituturkan Ucup (27) pembeli asal desa Kepoh “getuk di sini beda dari yang lain mas, lebih empuk gurih dan blondonya itu yang bikin istimewa”. Ucup mengaku menjadi pelanggan getuk bu Yarmi sudah sejak lama. (go/iyantre)
 sumber : Grobogan Online Baca Juga Artikel Kuliner Lainnya yang ada di Purwodadi
DotyCat - Teaching is Our Passion