Yuk Dibantu: Akibat Hutang, Rumah Basirun Terancam Dibongkar

Grobogan-Cakrawalaonline, Karena dibawah rekayasa seorang oknum, rumah Basirun terancam dibongkar. Awalnya hutang Basirun kepada Sunarjo tetangganya hanya sebesar 20 juta rupiah, namun pada akhirnya membengkak menjadi 52 juta rupiah akibat adanya bunga maupun penambahan hutang. Sehingga berakibat terancamnya rumah Basirun warga Candisari ini akan dibongkar.Padahal rumah berbahan kayu jati Bairun berbentuk joglo senilai 150 jutaan. Berdasarkan penuturan Basirun bahwa saat dirinya pinjam uang 20 juta kepada Sunarjo tidak diberikan uang tunai namun berupa 2 ekor sapi, kemudian saat itu dijual laku 16,5 juta rupiah. Terjadi kesepakatan antara mereka bahwa dalam waktu 3 bulan Basirun harus membayarnya menjadi 28 juta rupiah.
Namun ketika jatuh tempo Basirun hanya mampu membayar kepada Sunarjo sebesar 10 juta, itupun dalam bentuk barang yakni 1 ekor sapi, berarti tanggungan Basirun kepada Sunarjo tinggal 18 juta rupiah. Maka pada tanggal 29 Februari 2016, Basirun disuruh membuat surat pernyataan yang berisi kesanggupan agar mau membayar kekurangan 18 juta menjadi 22 juta rupiah. Uniknya saat membuat surat pernyataan tersebut Basirun didikte oleh seorang oknum polisi berinisial S yang merupakan becking Sunarja dalam perkara ini.
Kemudian waktu berikutnya karena ada kebutuhan lagi Basirun mencari pinjaman lagi kepada Sukarman lewat perantara Sunarjo sebesar 25 juta rupiah, dalam utang piutan tersebut muncul perjanjian lagi bahwa dalam waktu 5 bulan harus dibayar menjadi 45 juta rupiah. Namun sebelum jatuh tempo dengan pertimbangan lain tanggungan Basirun kepada Sukarman dirubah dengan diturunkan menjadi 30 juta rupiah dan hanya diberi tempo 10 hari. Hutang Basirun kepada Sunarjo dan Sukarman kemudian diperhitungkan jadi satu, jika dalam waktu yang ditentukan Basirun tidak bisa membayar maka rumah Basirun akan dibongkar.

Rupanya pembayaran cicilan 10 juta rupiah kepada Sunarjo tidak diperhitungkan, sehingga hutang Basirun plus bunga masih utuh 52 juta. Saat ini perkara perdata ini masih dalam persidangan di Pengadilan Negeri Purwodadi. Yanto

sumber : http://cakrawalainterprize.com/2016/05/04/akibat-hutang-rumah-basirun-terancam-dibongkar/

DotyCat - Teaching is Our Passion