Taukah Anda Batik Grobogan sejak tahun 1938?


Kabupaten Grobogan yang dikenal dengan makanan khasnya berupa sale pisang dan getuk lindri, saat inijuga memiliki ikon produk lokal khas lain berupa batik tulis.

Dulu Batik Grobogan sangat terkenal di eranya, yakni sekitar tahun 1938. Batik Grobogan tempo dulu lebih condong bermotif Laseman. Namun sekarang, yang dikembangkan lebih ke arah motif tanaman seperti jagung, padi dan rumpun bambu
Setelah lama menghilang, tahun 2010 dikembangkan lagi oleh Pemkab setempat.

Meskipun belum lama diperkenalkan, namun respon masyarakat terhadap kreasi Batik Grobogan sangatlah bagus. Secara kualitas, produk kreasi Batik Grobogan tidak kalah dengan daerah lain seperti Solo, Pekalongan, maupun Jogja. Bahkan dari segi corak atau motif, Batik Grobogan dikenal memiliki ciri khas berupa motif tanaman atau tumbuhan. Kedelai, bambu, jati, dan jagung merupakan motif-motif yang menjadi ciri khas Batik Grobogan.

Batik, salah satu warisan budaya dunia yang perlu dijaga dan dipertahankan, proses dalam pembuatannya mencerminkan ketelitian dan kesabaran, terutama batik tulis. Keindahan batik itu sendiri merupakan bagian seni penjiwaan yang membuatnya,
tanaman merupakan ciri khas dari Batik Kabupaten Grobogan. Batik ini sudah dipakai banyak kalangan, dan digemari oleh masyarakat termasuk para pejabat dan PNS di lingkungan Pemkab setempat.

‪#‎AdminMaftuhan


DotyCat - Teaching is Our Passion