Swike Kodok Khas Grobogan Sejak Tahun 1901 Paling Terkenal

Siapa sangka jika Kodok (katak), binatang yang hidup di sawah bisa dijadikan sebagai santapan yang sangat lezat. Tidak percaya, coba saja berkunjung ke Grobogan. Keberadaan rumah makan yang menjual menu swike saat ini cukup banyak. Biasanya rumah makan ini hanya menyediakan satu menu, swike saja yang bahan baku masakan tersebut tidak lain adalah dari kodok-kodok tersebut. Buat orang Grobogan, swike merupakan salah satu makanan khas andalan.

Makanan swike sendiri menurut informasinya sudah ada sekitar 100 tahun lalu. Itu bisa dibuktikan dengan keberadaan RM Swike Asli yang ada di Jl Kol Sugiono No 11 Purwodadi. Di mana rumah makan ini sudah berdiri semenjak tahun 1901. Atau lebih dari seabad lalu. Rumah makan ini merupakan warisan dari leluhur. Dan saya merupakan generasi ke lima dari pendiri rumah makan ini, Tetapi kini, kodok itu bisa diolah menjadi berbagai menu. Ada pepes kodok, telur dan pito (jeroan kodok). Bahkan kini dia juga menyajikan masakan kodok goreng yang cocok dijadikan oleh-oleh saat bepergian jauh.

Selain itu, kulit kodok pun bisa diolah sedemikian rupa menjadi krupuk yang rasanya juga cukup enak. Jadi hanya tulang kodok saja yang tidak terpakai, Harga satu porsi swike bisa dikatakan tidak terlalu mahal alias masih terjangkau kantong.

Selain warga Grobogan, banyak pula orang dari luar kota yang jadi pelanggan setia rumah makan ini. Bahkan, beberapa artis juga pernah makan disitu. Antara lain, Inul Daratista, Didi Kempot, Robby Sugara dan petinju Cris John. Foto-foto orang terkenal saat makan disitu sebagian terpapang di tembok rumah makan. meski bahan baku swike berasal dari kodok tetapi tidak semua jenis katak bisa dijadikan sebagai swike. kodok yang bisa diolah menajdi swike adalah jenis kodok hijau yang hidup disawah.

‪#AdminMaftuhan



DotyCat - Teaching is Our Passion