PANEN PERDANA, KEDELAI VARIETAS GROBOGAN TERBAIK DI DUNIA

JP

GROBOGAN – Unggulan Kabupaten Grobogan di bidang pertanian yakni kedelai varietas Grobogan, yang memberikan sumbangsih besar terhadap ketahanan pangan Jawa Tengah. Berlokasi di desa Nambuhan, kegiatan panen perdana kedelai varietas Grobogan dilaksanakan secara simbolis oleh Bupati Grobogan diwakili Asisten II Sekda Grobogan bersama jajaran dinas instansi terkait. (20/1).

Kegiatan yang dikemas dalam temu lapang dan gelar teknologi PTT kedelai varietas Grobogan yang mencapai produktivitas 3 ton per hektare menjadi capaian prestasi yang membanggakan bagi Grobogan. Kedelai varietas Grobogan diklaim sebagai kedelai dengan kualitas terbaik di dunia.

Hal senada disampaikan Bupati Grobogan melalui Asisten II Sekda Grobogan, Dasuki,SH.,MM. “Perlu diketahui bahwa kedelai varietas Grobogan memiliki kualitas lebih tinggi dari kedelai Amerika, jadi bisa dikatakan kedelai varietas Grobogan adalah terbaik di dunia,” kata Dasuki.

Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Ir. Suryo Banindro,MP memberikan apresiasi kepada petani kedelai Grobogan atas keberhasilannya meningkatkan produktifitas kedelai yang mampu mencapai 3,1 ton per hektar. Dalam kesempatan tersebut, Dinas Provinsi Jawa Tengah menyampaikan akan memfasilitasi terkait pencapaian produksi agar kedepannya lebih meningkat.

Kedelai varietas Grobogan memiliki beberapa keunggulan diantaranya warna biji yang putih kekuningan dan memiliki ukuran 16 gram hingga 20 gram per 100 biji, tingkat produktivitas tanamannya tergolong cukup tinggi yaitu berkisar 2,0 ton sampai 3,5 ton per ha, serta umur panennya yang cenderung pendek yakni hanya berkisar 75-79 hari.

Di samping itu, kadar proteinnya mencapai 43,9 % dengan kandungan lemak 18,4 %. Biji kedelai Grobogan juga tidak mudah pecah maupun rontok, saat panen daunnya rontok/luruh sehingga memudahkan proses pemanenan serta pada saat pengangkutan hasil panen dilangsungkan, tidak banyak biji yang hilang maupun tercecer.

 

(Kontributor Humas Grobogan)

DotyCat - Teaching is Our Passion