Nasi Jagung Khas Purwodadi-Grobogan

Makanan Khas Purwodadi

Nasi jagung atau biasa disebut nasi empog (lembut) merupakan makanan Khas Indonesia terkhusus Purwodadi Kabupaten Grobogan. Makanan Khas Purwodai Nasi jagung sangat familiar dikalangan masyarakat Purwodadi. Terlebih menjamurnya para penjual nasi jagung yang cukup banyak di Purwodadi. Sebenarnya alasan dibuatnya makanan khas Purwodadi satu ini sebagai pengganti manfaat nasi putih atau nasi beras. Hal ini dikarenakan harga beras yang cukup mahal pada zaman dahulu, bagi kalangan menengah kebawah yang kesulitan untuk membeli beras.

Warung Makan Khas Purwodadi berupa nasi jagung yang cukup diperhitungkan sudah ada di kawasan hutan Kota Purwodadi. Lebih tepatnya di jalan Gajah Mada sebelah timur Polres Grobogan. Warung Makan Nasi Jagung Bu Lasmi. Berada paling ujung timur ruko Hutan Kota Purwodadi menjadikan warung makan Bu Lasmi ini mudah dikunjungi para penggemarnya. Silahkan bagi sederek Cariyos yang mungkin ingin mencoba racikan nasi jagung Bu Lasmi bisa langsung berkunjung.

Nasi jagung khas Purwodadi ini banyak manfaatnya. Ada 13 manfaat nasi jagung bagi kesehatan dan diabetes. Meskipun dianggap murah, akan tetapi nasi jagung atau makanan Khas Purwodadi ini memiliki nutrisi yang tak kalah tinggi dari pada nasi yang terbuat dari beras. Bahkan memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dari beras.

Adapun kandungan nutrisi yang terdapat dalam nasi jagung seberat 100 gram. Seperti halnya nutrisi nasi jagung juga bisa bermanfaat untuk penderita diabetes. Salah satu perbedaan nasi jagung dengan nasi putih adalah kandungan karbohidrat yang ada didalamnya.


Kandunan karbohidrat yang terdapat di dalam nasi putih merupakan karbohidrat sederhana, sedangkan kandungan karbohidrat pada nasi jagung merupakan karbohidrat kompleks. Saluran pencernaan akan mencerna karbohidrat kompleks secara lambat. Hal ini bisa menyebapkan kadar gula dalam tubuh mengalami kenaikan secara lampat pula. Makanan khas Purwodadi ya Nasi Jagung.

Apalagi kalo ditambah Bothok Yuyu. emm,, enaknya nambah.
DotyCat - Teaching is Our Passion