Masakan Swike Pondok Rawa Daplang-Gubug


Grobogan Online - Apabila anda berkunjung ke Kota Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, jangan lewatkan menu kuliner swike yang merupakan menu khas daerah ini. Menu kuliner dari katak hijau (kodok sawah) ini merupakan kuliner kebanggaan yang cukup terkenal dan hanya dimiliki daerah Purwodadi.

Tengoklah segala menu kuliner swike seperti yang disajikan di Pondok Makan Rawa Daplang, Jl. Purwodadi-Semarang Km.15 ini. Segala ragam menu swike dari swike kuah merica pedas, swike goreng, pepes telur swike, kerupuk kulit swike tersedia dengan racikan tangan Pak Suwondo ini.

Menurut Suwondo, semua resep yang dia kelola diturunkan dari nenek buyutnya. “Swike kuah panas dengan aroma tauco serasa segar dengan gurihnya bawang goreng. Begitu juga swike goreng mentega dengan kuah manis menjadi pilihan. Sedangkan menu pepes biasanya berisi telur kodok dengan bumbu pedas,” tuturnya.

Ketika Anda lahap masakan berbumbu tauco dengan daging kodok sawah ini akan terasa sedap dan gurih ketika dalam kondisi panas. “Racikan bumbu merica dicampur bawang bombay, sangat terasa banget dilidah Anda. Ditambah daging swike yang empuk dan tak tertandingi dengan menu lainnya. Akan enak jika dilahap masih panas,” terang Suwondo, pemilik Pondok swike ini.

Suwondo menceritakan, dirinya membuka pondok kuliner kodok sawah itu sejak tahun 1998 lalu. Hingga sekarang ternyata menjadi berkah sendiri baginya dan telah menjadi rujukan bagi pecinta kuliner yang berkunjung di kota Purwodadi, Grobogan Jawa Tengah.Suwondo juga tidak mematok harga mahal untuk setiap satu porsi mangkok swike. Cukup dengan Rp 20 ribu/porsi, anda bisa menikmati swike kuah ataupun swike goreng. “Meski untungnya tipis, tetapi pelanggannya puas dan terus ramai.

 Monggo di Coba Juga..... ;)

DotyCat - Teaching is Our Passion