Nyam-Nyam, Nikmatnya Emprit Goreng Empuk di Grobogan



Mrapen, hariangrobogan[]com - Pernahkah saudara menyantap burung Emprit? Kalau belum, pasti saudara pernah melihatnya. Burung Emprit atau yang lebih dikenal dengan Peking ini mudah ditemui di daerah pedesaan. Peking suka bermain di ranting-ranting pohon yang berdaun lebat.

Ternyata burung yang bertubuh mungil itu bisa dijadikan menu masakan. Bahkan di daerah Kediri, ada warung sate Emprit yang setiap hari menghabiskan sekitar 2 ribu ekor Emprit. Namun, tulisan ini akan membahas kegiatan pemuda Dusun Delok Desa Kebonagung Kabupaten Demak yang sedang hobi menembak burung Emprit.

Emprit hasil tembakan itu akan dijadikan Emprit goreng empuk. Dikatakan empuk karena tulang-tulangnya juga bisa dimakan. Yuniyanto alias Boyo, pemilik warung angkringan yang berada di depan gapura objek wisata Api Abadi Mrapen bersedia membeberkan resep sederhana Emprit goreng empuk.

Langkah pertama adalah merendam Emprit di dalam air panas. Tunggu sekitar 5 menit. Kedua, cabuti bulu-bulunya. Ketiga, sobek perut Emprit dan keluarkan organ dalamnya. Keempat, bersihkan Emprit dengan air hangat.

Kelima, siapkan bumbu-bumbu untuk merebus Emprit tersebut. Contohnya untuk 25 ekor emprit cukup dengan 4 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar, garam secukupnya, dan penyedap rasa secukupnya. Keenam, rebus Emprit sekitar 15 menit sampai meresap bumbunya. Ketujuh, tiriskan airnya.

Terakhir, digoreng. Emprit goreng empuk siap disajikan. Penulis yang berkesempatan mencicipi masakan Kang Boyo tersebut merasakan Emprit gurih dengan bumbu yang meresap sampai ke tulang-tulang. Tak ada bau amis dan dagingnya tidak lengket. Emprit goreng cocok untuk dibuat camilan dan lauk.

Beberapa media massa online nasional menjelaskan manfaat dari Emprit yaitu menyembuhkan lemah jantung dan meningkatkan gairah seksual. Selain manfaat untuk diri sendiri, menangkap Emprit juga bermanfaat bagi petani. Emprit adalah salah satu hama padi yang memakan padi siap panen.

Bagi anda yang lihai menangkap burung Emprit, boleh mencoba resep ini. Siapa tahu, bisa membuka warung makan dengan menu khas burung Emprit. (Red-HG02/Achmad Hasyim)

DotyCat - Teaching is Our Passion