Becek, Kuliner Khas Grobogan Yang Maknyuss


Becek adalah kuliner khas Grobogan yang tengah moncer. Dulu, kuliner ini hanya bisa dijumpai di acara hajatan warga, seperti saat khitanan atau mantenan. Kini, kuliner ini sudah tersedia di berbagai warung di Kabupaten Grobogan, terutama di Kota Purwodadi.


Namanya unik, yakni Becek, konon karena kuliner ini lebih banyak kuahnya. Di acara hajatan, banyaknya tamu yang hadir, menjadikan kuah kuliner ini dibanyakin agar semua tamu bisa kebagian. Sehingga jadilah kuliner ini dinamakan Becek hehe.



Becek berbahan iga sapi dengan bumbu-bumbu meliputi bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar dan cabe. Dikombinasi dengan daun kedondong dan daun dayakan, Becek membuahkan sensasi kelezatan kuliner tradisonal yang khas, segar, asem, dan pedas. Biasanya Becek disajikan dengan kering tempe dan kacang tolo sebagai pelengkap/lalapan. Hmm...benar-benar maknyuss dan ngangeni.



Yuk, agendakan makan Becek bersama keluarga.* (Grobogan Corner)



Yes info: nasi becek khas grobogan vs nasi becek khas nganjuk (jawa timur), apa bedanya?


Nasi Becek adalah kuliner khas Grobogan yang saat ini sedang naik daun alias moncer. Namun ternyata, di daerah lain, yakni di Kabupaten Nganjuk (Jawa Timur) juga ada kuliner khas yang namanya sama, yakni Nasi Becek atau Sego Becek. Apakah dengan demikian, Grobogan bisa dikata mengklaim kuliner khas daerah Nganjuk? Tunggu dulu. Nama kuliner boleh sama, tapi antara Nasi Becek khas Grobogan dan Nasi Becek khas Nganjuk perbedaannya 180 derajat, baik dari sisi historis maupun dari sisi resepnya.

Secara historis, Nasi becek khas Grobogan dulunya hanya dapat ditemukan di acara-acara hajatan, baik sunatan maupun mantenan, di kampung-kampung di wilayah Kabupaten Grobogan. Namun kini kuliner itu sudah tersedia di sejumlah warung makan, baik di dalam maupun di luar Kabupaten Grobogan.

Nasi becek khas Nganjuk tidak diketahui pasti sisi historisnya. Yang jelas, resep kuliner Nasi Becek khas Nganjuk berbeda 180 derajat dengan Nasi becek khas Grobogan.

Nasi Becek khas Nganjuk atau di Nganjuk lebih dikenal dengan "Sego becek" adalah hidangan yang mirip dengan kari/kare kambing. Isi dari sego becek khas Nganjuk nyaris serupa dengan Soto Babat, namun diberi potongan sate kambing yang telah dilucuti dari tusuk satenya. Daging yang dipilih adalah daging kambing. Tidak lupa diberi potongan bawang merah yang menambah kenikmatan rasa hidangan ini.

Sedang Nasi becek khas Grobogan menggunakan daging sapi, terutama daging tulang iganya. Pengolahannyanya juga dengan daun kedondong dan daun dayakan yang itu tidak terdapat di Nasi Becek khas Nganjuk. Nasi Becek khas Grobogan disajikan dengan kering tempe dan kacang tolo. Citarasa Nasi Becek khas Grobogan dominan pedas dan asemnya yang menawarkan sensasi rasa yang segar dan maknyus yang berbeda dengan Nasi Becek khas Nganjuk yang lebih mirip kuliner kari kambing yang bersantan.

Intinya, Nasi becek khas Grobogan dan Khas Nganjuk berbeda 180 derajat secara resep dan citarasanya. Juga (mungkin) aspek historisitasnya. Semoga informasi ini bermanfaat.* (Grobogan Corner)


Untuk di kawasan Purwodadi salah satunya bisa Anda jumpai di beberapa warung makan di daerah Purwodadi di antaranya:

  1. Warung Makan Aneka Masakan Jawa Selera Rasa, yang terletak di Jl. R Soeprapto No.113 A, 500 meter menuju arah utara dari bundaran simpang Lima Purwodadi atau sebelah selatan Pengadilan Negeri Purwodadi
  2. Warung makan 45 Jl.S Parman sebelah barat Kantor Pos Purwodadi
  3.  RM PUTRA 45 Jl. Jend Sudirman 56 Purwodadi-Grobogan
  4.  Jika dari arah semarang bisa mampir di Warung makan Mbak Mun yang berada di Godong tepatnya di depan SPBU Godong
DotyCat - Teaching is Our Passion