Para Kades di Grobogan Diminta Turunkan Kemiskinan Ekstrem



Grobogan – Para kepala desa (kades) di Grobogan diwanti-wanti Bupati Sri Sumarni agar penggunaan Dana Desa (DD) difokuskan untuk program prioritas nasional. Hal itu diungkapkan Bupati dalam sosialisasi DD di Pendapa Kabupaten setempat, Senin (26/2/2024).

Adapun empat program tersebut yakni penanganan kemiskinan ekstrem dengan bantuan langsung tunai (BLT) Desa. Kemudian program ketahanan pangan dan hewani, program pencegahan dan penurunan stunting skala desa.

Berikutnya, program sektor prioritas melalui bantuan permodalan BUMDesa atau BUM Desa Bersama, kemudian program pengembangan desa sesuai potensi dan karakteristik desa.

”Oleh karena itu, meskipun sudah rutinitas tahunan, namun sosialisasi penggunaan dana desa seperti ini masih relevan untuk dilaksanakan. Agar petunjuk teknis terkait pelaksanaan kegiatan Dana Desa 2024, dapat diketahui dan dipahami dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati.

Bupati menekankan agar pemanfaatanya benar-benar sesuai dengan empat fokus prioritas tersebut. selain itu, kegiatanya harus secara riil yang langsung berdampak pada penyelesaian beberapa persoalan di desa.

Menurut Bupati, DD yang sudah digulirkan hingga tahun ke-9 ini sebetulnya para kepala desa sudah khatam terkait cara merencanakan, mekanisme mencaikan, hingga penggunaanya.

”Bahkan dari tahun ke tahun, prosedurnya semakin dipermudah. Dulu setiap penyaluran, harus direkomendasikan oleh camat, sekarang tidak harus. Dulu penggunaanya sangat dibatasi, mungkin belakangan semakin diperluas,” paparnya.  

Secara umum, pemerintah telah memberikan ruang terbuka bagi desa untuk pemanfaatan DD. Yakni guna pembangunan dan pemberdayaan masyarakat agar desa menjadi semakin mandiri.

”Namun demikian, saya perlu mengajak dan mengingatkan kepada bapak dan ibu sekalian. Jangan sampai ruang terbuka yang dipercayakan, menjadi lubang kecil untuk masuk potensi permasalahan, hanya karena proses tahapan dan mekanisme pelaksanaan yang kurang tepat,” paparnya.

Sebagai contoh, lanjut Bupati, hal yang berbeda DD tahun 2024 dengan tahun sebelumnya antara lain tahun ini penyaluran ke rekening desa hanya dua tahap. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang disalurkan tiga  tahap.

”Hal lain yang perlu saya pesankan kepada panjenengan semua, jika sudah baik di sisi perencanaan, penyaluran dan pemanfaatanya, maka jangan pernah lupa pertanggungjawabannya,” tandasnya. (dnd)
DotyCat - Teaching is Our Passion