MTs Nuril Huda Tarub Antusias Gelar Uji Pramuka Garuda



TAWANGHARJO - MTs Nuril Huda Tarub Kecamatan Tawangharjo menggelar Uji pramuka garuda secara mandiri. Tingginya minat anggota pramuka gugus depan 08-061 / 08-058 pangkalan MTs Nuril Huda Tarub Kecamatan Tawangharjo ini dalam pencapaian pramuka Garuda layak mendapatkan apresiasi.

Kwartir Cabang Grobogan menyambut minat tersebut dengan menggelar uji pramuka garuda yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 7 Januari 2024. Kegiatan diikuti oleh 31 peserta terdiri dari 14 penggalang putra dan 17 penggalang putri. 

Pelaksanaan uji pramuka garuda yang dilaksanakan secara mandiri di lingkungan Madrasah yang diuji oleh tim penilai andalan cabang Kwarcab Grobogan adalah kesungguhan Madrasah dalam mengawal minat dan bakat setiap peserta didik khususnya dalam bidang kepramukaan untuk mencapai jenjang tertinggi. Terlaksananya kegiatan ini merupakan wujud komitmen penuh mabigus dan para pembina gugus depan 08 - 061 /08 - 058 pangkalan MTs Nuril Huda yang bermarkas di jalan Parang Garuda No  8 Desa Tarub Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan dalam mengawal dan melakukan pendampingan proses penggemblengan hingga pematangan peserta didik dalam pemenuhan syarat pramuka Garuda secara terprogram. 

Mengutip dari Mohammad Mukhlisin selaku Kamabigus menyatakan bahwa pelaksanaan uji Pramuka garuda ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi peseta didik untuk bisa menjadi pribadi yang tanggap dan tangguh serta mampu menjadi teladan di lingkungan Madrasah serta masyarakat.

Mereka telah melewati tahapan dan proses yang cukup panjang untuk sampai pada uji pramuka garuda. Perlu diketahui pula bahwa gugus depan ini juga merupakan gugus depan mantap tingkat Jawa Tengah, sehingga pengelolaan kegiatan kepramukaan telah beracuan pada petunjuk penyelenggaraan kepramukaan. Meskipun di pedesaan Kak Mukhlisin memotivasi peserta didiknya untuk berfikiran maju, visioner dan berkarakter asli Indonesia. Dirinya juga mengapresiasi para guru dan pembina yang telah mempersiapkan dan mendampingi uji pramuka garuda kali ini.

Meita, Fresia , Faula dan Fatah, 4 dari 31 peserta menyatakan senang dalam mengikuti penilaian pramuka garuda hari ini. Penantian mereka berbulan bulan dan persiapan mereka terbayarkan melalui proses kali ini. Bagi mereka pramuka garuda adalah awal untuk semakin giat dalam berlatih dan menempa diri. Menjadi pramuka garuda adalah harapan mereka untuk bisa membahagiakan orang tua, bahwa di pramuka mereka telah ditempa dengan nilai nilai satya dan darma pramuka.

Hasil penilaian disampaikan oleh Ketua Tim M Lutfi Ali, sebanyak 31 peserta penilaian dinyatakan lulus dan berhak dilantik. Pelantikan diawali dengan prosesi sungkem kepada orang tua masing masing peserta. Hadir dari Kwarcab Grobogan adalah Kak Suyitno Sekretaris Cabang mewakili Ketua Kwarcab Agus Siswanto. Dalam pesannya Ka Kwarcab menegaskan agar pramuka garuda dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi peserta didik lainnya. (Hr/od)

DotyCat - Teaching is Our Passion