Viral Pemuda Tak Gengsi Jual Nasi Pager Sepeninggal Ibunya



Grobogan – Video pendek berdurasi 34 detik memperlihatkan pemuda jualan nasi pagar viral di Tiktok. Video yang diunggah akun @badiatulasti pada Jumat (26/5/2023) lalu itu sudah ditonton 1,5 juta kali dan disukai lebih dari 66 ribu akun hingga Kamis (1/6/2023). 

Narasi dalam video menyebutkan, pemuda itu bernama Afif (25). Dia berjualan di barat jembatan Desa Bugel – Ketitang, Kecamatan Godong, Grobogan, Jawa Tengah. Afif sendiri merupakan warga Desa Ketitang. 

Disebutkan pula, ibu Afif, Mbah Miyati, meninggal pada awal April 2023 lalu. Afif memilih melanjutkan usaha ibunya berjualan nasi pagar yang tidak banyak digeluti oleh pemuda seusianya pada umumnya. 

Dalam video itu diterangkan pula, Afif mampu mempertahankan cita rasa Sego Pager warisan ibunya yang lezat dan otentik. 

Pemilik akun tersebut yakni Badiatul Muchlisin Asti yang tak lain yakni penulis buku ”Riwayat Kuliner Indonesia: Asal-usul, Tokoh, Inspirasi, dan Filosofi”. Asti menjelaskan, nama lengkap pemuda itu yakni Afif Rohmat Zaini.

“Dia alumni MA Futuhiyyah Jeketro (Kecamatan Gubug). Dia berjualan setiap pukul 06.00 sampai kira-kira pukul 09.00 WIB, sampai jualannya habis,” ucap Asti. 

Asti mengatakan, Afif tidak gengsi berjualan nasi pagar karena dia terbiasa membantu ibunya ketika masih hidup. Afif berinisiatif melanjutkan usaha ibunya sejak 7 Mei 2023, sebulan sepeninggal ibunya. Dia dibantu ayahnya untuk mempersiapkan jualannya.

Asti menjelaskan, nasi pagar sendiri merupakan kuliner khas Kecamatan Godong, Grobogan yang beberapa tahun terakhir naik daun. Nasi pagar yakni nasi putih dalam pincuk daun pisang yang dibubuhi urap sayur, lalu diguyur sambal kacang. 

“Kemudian diberi toping biji petai cina rebus dan uyah goreng alias serundeng versi asin,” jelas Asti.
Bahan-bahan sayur yang dijadikan urap merupakan tetumbuhan yang dulu sering dijadikan pagar hidup atau tumbuh di pekarangan rumah. Karena itulah, kata Asti, kuliner itu populer disebut nasi pagar atau sega pager. 
“Dulu, sega pager lazim disebut sega janganan,” tandasnya. 
DotyCat - Teaching is Our Passion