Bagaimana Mengolah Sampah


 PEMBAHASAN

 1.Cara mendaur ulang sampah

Mendaur ulang sampah dibutuhkan beberapa langkah diantaranya :

A.Koleksi

Langkah pertama dalam proses daur ulang sampah yaitu menumpulkan material atau plastik yang akan didaur ulang.Disaat ini lah para pelaku daur ulang mengumpulkan sisa konsumsi plastik dari rumah tangga maupun industri untuk mereka dijadikan satu.Maka dari itu kemudahan dan keefektifan proses ini dan proses setelah ini sangat beruntung dengan bagaimana kita memilih dan memilah sampah dari rumah.

B.Sortir

Setelah sampah plastik dikumpulkan,pelaku daur ulang akan menyortir dengan lebih detail berdasarkan beberapa item,mulai dari jenis plastik (bahan pembuatan),warna plastik,kandungan resin,atau bahkan cara pembuatannya.Sortir ini menjadi salah satu langkah bagian penting karena jenis plastik yang berbeda harus diproses dengan cara yang berbeda pula.

C.Pencucian

Pencucian sampah bertujuan untuk menghilangkan sisa kotoran dan segala sesuatu yang tidak terbuat dari plastik.Sebagian besar kemasan plastik memiliki label,perekat,atau bahkan sisa makanan yang tidak dapat didaur ulang.

D.Resizing

Sampah plastik yang sudah disortir dan dicuci,kemudian dipotong menjadi serpihan-serpihan kecil.Hal ini akan membantu memudahkan proses pembentukan dan menjadi kesempatan kembali untuk disbersihkan agar tidak tercampur dengan dengan bahan non-plastik.

E.Pemilahan Plastik

Setelah proses resizing,langkah selanjutnya yaitu pemilahan plastik.Pada saat pemilihan,serpihan-serpihan plastik untuk diuji untuk menentukan kualitasnya.

F.Penggabungan

Langkah terakhir dalam proses daur ulang sampah plastik daur ulang sampah plastik yaitu penggabungan,dimana serpihan-serpihan plastik dihancurkan dan dilebur menjadi pelet plastik.Kemudian,pelet plastik tersebut diangkut ke perusahaan manufaktur plastik dan siap digunakan kembali untuk memproduksi produk bermanfaat lainnya.

 


2.Cara mengelola limbah sampah

Pengelolaan limbah sampah ada tiga langkah diantaranya:

A.Memilah sampah

Terdapat 3 jenis sampah yaitu sampah organik, anorganik, dan B3. sampah organik. Tahukah Sobat SMP perbedaan antara ketiganya? sampah yang dapat membusuk dan terurai sehingga bisa diolah menjadi kompos. Misalnya, sisa makanan, daun kering, sayuran, dan lain-lain. Sampah anorganik adalah sampah yang sulit membusuk dan tidak dapat terurai. Namun, sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Misalnya botol plastik, kertas bekas, karton, kaleng bekas, dan lain-lain. Sedangkan sampah B3 adalah sampah yang merupakan bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan atau kelangsungan hidup manusia, makhluk lain, dan lingkungan hidup seperti kalung bekas racun serangga , baterai bekas, lampu bekas, dan sampah bekas masker.

B.Menerapkan 3R

Menerapkan prinsip 3R merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh masyarakat. 3R merupakan singkatan dari reduce (mengurangi sampah), reuse (menggunakan ulang sampah) , dan recycle (daur ulang sampah). Masyarakat dapat mengurangi penggunaan bahan yang sulit didaur ulang seperti plastik. Bukan hanya mengurangi timbulan sampah, masyarakat juga dapat memanfaatkan sampah organik seperti sisa makanan dan sayuran di bawah sebagai pupuk kompos. Kegiatan mendaur ulang sampah menjadi barang baru yang bernilai guna juga menjadi opsi yang harus dicoba. masyarakat dapat mencoba merangkai sampah bekas bungkus kemasan menjadi beragam jenis tas, vas bunga, dan lain-lain.

C.Bergabung menjadi anggota bank sampah

Berdasarkan Pasal 1 Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah pada Bank Sampah, bank sampah merupakan fasilitas untuk mengelola sampah dengan prinsip 3R (reduce, reuse, dan recycle), sebagai sarana edukasi, perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah, dan pelaksanaan ekonomi sirkular, yang dibentuk dan dikelola oleh masyarakat, badan usaha, dan/atau pemerintah daerah. Masyarakat dapat mencari tahu sebaran lokasi bank sampah yang berada di wilayah sekitar tempat tinggal masing-masing. Melalui bank sampah, masyarakat bisa menyetorkan sampah yang telah dipilah dan mendapatkan imbalan rupiah.


BAB III


PENUTUP

 KESIMPULAN

Sampah memang tidak terlepas dari kehidupan manusia dan seringkali menimbulkan masalah.Bukan berarti tidak ada solusi untuk hal itu.Ada banyak cara untuk memanfaatkan sampah bahkan mengubahnya menjadi sumber penghasilan.Maka dariitu kita sebagai manusia harus memiliki kesadaran akan dampak yang ditimbulkan oleh sampah plastik.


tulisan karya Fiona Febiola

DotyCat - Teaching is Our Passion