SMAN 1 Toroh Kebanjiran



Grobogan – SMAN 1 Toroh, Kabupaten Grbogan, Jawa Tengah kebanjiran pada Jumat (6/1/2023) kemarin. Kegiatan belajar mengajar (KBM) pun tidak digelar dan siswa dipulangkan. 

Wakepsek SMAN 1 Toroh Moh Moklas mengatakan, banjir menghampiri sekolah sejak Kamis (5/1/2023) malam. Dia mengaku dihubungi oleh pihak penjaga sekolah bahwa terjadi banjir. 

“Tadi malam sekitar pukul 19.30 WIB saya dihubungi penjaga sekolah. Kemudian kami datangi bersama Polsek Toroh dan yang lain sampai pukul 01.00 malam (Jumat dini hari),” ujarnya, Jumat.

Dia bersama pihak terkait pun mengamankan benda-benda seperti buku-buku, yang berpotensi rusak ketika terendam banjir. Moklas menyebutkan, titik terdalam banjir yakni selutut orang dewasa. 

Hanya beberapa titik di sekolah berlabel adiwiyata itu dengan ketinggian selutut. Di banyak titik lainnya, banjir masih di bawah lutut. Meski begitu, ada beberapa kelas yang sempat terendam. Karenanya, para siswa pun dipulangkan lebih awal.

“Setelah bersih-bersih, siswa pulang pukul 08.00 WIB,” lanjutnya. 

Moklas mengatakan, banjir di sekolahnya disebabkan hujan deras yang melanda wilayah selatan. Selain itu, saluran air juga banyak yang tidak lancar, sehingga mengakibatkan banjir.

“Saluran di kali-kali kecil itu tidak semua lancar. Ada yang dangkal sekali, ada yang dangkal dan sempit. Akhirnya airnya tersendat,” katanya. (dnd)
DotyCat - Teaching is Our Passion