Menteri Pertanian Kunjungi Grobogan, Ngapain Aja?

Menteri Pertanian (Menpan) RI Syahrul Yasin Limpo (tengah) didampingi Bupati Grobogan Sri Sumarni (kiri) dalam kunjungan ke Pasar Hewan Ketitang, Godong, Jumat (22/7/2022). (Istimewa).

GODONG - Menteri Pertanian (Menpan) RI Syahrul Yasin Limpo menyambangi Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2022). Kedatangan Mentan itu untuk melakukan menandatangani kerja sama dengan PT Japfa Comfeed Indonesia TBK yang berada di Desa Harjowinangun, Kecamatan Godong.

Selain itu, Mentan juga menayambangi proses vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di pasar hewan Ketitang, Godong.

“Sangat penting sebagai perusahaan nasional yang sangat besar, Japfa bisa bekerjasama untuk peternak kita, baik yang sudah bermitra dengan Japfa maupun peternak rakyat. Kepentingan Japfa bagi kementrian untuk menyerap Jagung dari Grobogan,” ujar Mentan sebagaimana dikutip dari Humas Polri.

“Yang kedua, melakukan langkah-langkah agar kita bisa menjaga inflasi atau penurunan inflasi dari ternak ayam atau telur yang dibutuhkan kita. Yang ketiga, subsidi impor katakanlah berapa bahan baku impor untuk ternak itu yang bisa dilakukan dalam negeri,” tambahnya.

Sementara itu, dalam vaksinasi PMK pada ternak di pasar hewan Ketitang, Mentan memantau pelaksanannya dan memastikan sesuai prosedur. Ratusan hewan ternak kerbau milik peternak yang berada di kandang komunal  itu satu persatu disuntik.

Dalam kesempatan itu, Mentan juga melakukan penyemprotan desinfektan di sekitar pasar hewan Ketitang. Mentan mengatakan, pihaknya menargetkan 300 kabupaten terdapat kasus PMK bisa zero kasus pada akhir Juli.

“Kami sudah meminta petugas kesehatan hewan untuk menggencarkan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak yang belum terjangkit PMK,” imbuhnya.

Sejumlah peternak menyambut baik dengan adanya vaksinasi PMK tersebut. Sebab, sejak hadirnya PMK, berdampak pada harga jual kerbau milik peternak. Harga jual mengalami penurunan harga hingga 50 persen per ekornya.

Sementara itu, dari data Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Grobogan, saat ini terdapat sebanyak seribu tujuhpuluh lima kasus PMK. Dari total kasus itu, ada 51 ternak mati. (dnd)

DotyCat - Teaching is Our Passion