Bangga, Ayam Lokal Grobogan Nominator Tingkat Jateng

GROBOGAN – Kelompok Tani Ternak (KTT) Ayam Lokal Sesarengan Ambangun Ekonomi (SAE) di Desa Kalirejo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan diunggulkan sebagai nominator pada Lomba Peternakan Tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng).
‘’Lomba itu diharapkan dapat memacu peningkatan motivasi, partisipasi dan prestasi peternak dalam mengembangkan bisnis peternakan unggas lokal yang lebih maju, inovatif dan mandiri,’’kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dinakkeswan), Provinsi Jateng, Agus Wariyanto, di selasela kegiatan penilaian lomba kelompok ayam buras (bukan ras), di Desa Kalirejo, Kecmaan Wirosari, Kabupaten Grobogan, belum lama ini.

Kesejahteraan Anggota

Kabid Produksi Peternakan pada Dinakkeswan Grobogan, Hadi Susianto menambahkan, sektor peternakan dengan beberapa jenis populasi ternak di Grobogan menjadi komoditas unggulan desa. Di antaranya, untuk ternak sapi potong, ada 27 ekor, dan kambing 326 ekor.
Adapun populasi ayam lokal atau ayam kampung di Kabupaten Grobogan tercatat 1,7 juta ekor, dan populasi di Desa Kalirejo sebanyak 25 ribu ekor. Ketua KTT Ayam Lokal SAE, Slamet Junaidi menyatakan, ke depan perkumpulan itu akan mewujudkan kemandirian dan peningkatan kesejahteraan anggota.
Dia menjelaskan, KTT Ayam Lokal SAE yang berdiri sejak 2014 telah berbadan hukum. Adapun kegiatan usaha pokok kelompok berupa budi daya unggas lokal (ayam kampung), penyedia ayam potong, penyedia telur dan bibit ayam kampung, serta pengolahan dan pembuatan abon ayam kampung.

‘’Perkembangan populasi ternak ayam kampung, dari 1.352 ekor pada 2014 menjadi 1.751 ekor pada tahun ini. Dengan hasil penjualan, tahun 2014 sebanyak 700 ekor ayam dan 1.000 butir telur menjadi 1.124 ekor ayam dan 2.000 butir telur pada tahun ini,’’ kata Junaidi. (zul-69) sumber : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/ayam-lokal-grobogan-nominator-tingkat-jateng/
DotyCat - Teaching is Our Passion