Ki Ageng Getas Pendowo

Di kabupaten Grobogan ada pejuang yang dari Ulama’ keturunan Kraton Solo. Yakni bapaknya Ki Ageng Selo yaitu Ki Ageng Getas Pendowo. Ketika saya jalan-jalan naik dengan sepeda keliling kota Purwodadi Grobogan di jalan Ahmad Yani menemukan gapura yang bertuliskan Makam Ki Ageng Getas Pendowo. Ternyata salah satu perjuangan yang belum pernah dipublikasikan adalah Ki Ageng Getas Pendowo, konon katanya Ki Ageng Getas perjuangannya tersimpan, karena tidak mau dipamerkan kepada masyarakat umum.
Karena tidak mau menjadi pejabat yang selalu dihormati orang, pendiriannya hanya mau mendekat dengan masyarakat yang membutuhkan, bahkan ketika ingin dijadikan pemimpin di kraton Solo, beliau tidak mau, sampai pernyataan itu lima kali. Hingga dijuliki dengan Getas Pendowo. Adapun pejuang yang berpengaruh di Jawa Tengah khususnya di kabupaten Grobogan yakni Ki Ageng Selo adalah anak dari Ki Ageng Getas Pendowo.
Makam Ki Ageng Getas Pendowo diketahui sejak tahun 1976 lalu tahap pembangunan serta peresmian pada tahun 2007 diresmikan oleh Bupati Grobogan Bambang Sadono Pereode pertama. Diceritakan oleh juru kunci Sutiyo.

Adapun alamatnya di desa Kuripan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan dari Jalan Ahmad yani atau dari Nglejok/Semarang menuju kearah Pasar Purwodadi dipertengahan kiri jalan ada gapura Makam Ki Ageng Getas Pendowo masuk sekitar 200 meter lalu ada perempatan tikungan belok kiri sekitar 100 meter ada pertigaan belok kanan sekitar 100 meter setelah itu ada gang pertigaan belok kiri lurus mentok. Itulah alamat makam Ki Ageng Getas Pendowo.

DotyCat - Teaching is Our Passion