Teknologi Hidroponik untuk Kelompok Tani Grobogan



Sejumlah kelompok tani di Grobogan bakal mendapat pengenalan masalah sistem tanam dengan metode hidroponik. Yakni, cara budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kepala Dinas Pertanian TPH Grobogan Ir.Edhie Sudaryanto,MM menyatakan, untuk mengenalkan pada petani, saat ini sudah disiapkan demplot atau percontohan. Total demplot hidroponik ada 40 unit yang tempat pembuatannya dari pipa PVC.

“Untuk sementara baru sekitar 40 unit demplot yang kita bikin. Demplot ini nantinya akan kita distribusikan pada kelompok tani dan kecamatan,” kata Ir.Edhie S,MM melalui Kabid Hortikultura Ir.Imam Sudigdo.MM

Dijelaskan, setelah diterima dan bisa menerapkan pola bertanam itu, kelompok tani nantinya diminta menularkan ilmu yang didapat pada masyarakat sekitar. Dengan demikian, mereka yang selama ini terkendala dalam masalah lahan tetap bisa melakukan aktivitas bertanam dengan sistem hidroponik.

Soalnya, cara ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Kemudian, tempatnya juga tidak harus dari pipa PVC. Tetapi bisa memanfaatkan bambu atau barang bekas lain yang ada dirumah.

“Kebanyakan sistem, hidroponik ini digunakan untuk menanam komoditas sayuran. Dengan menanam melalui cara ini, nantinya kebutuhan sayuran sehari-hari bisa panen sendiri, tidak perlu beli. Untuk menanam dengan cara hidroponik ini gampang dan murah serta bisa memanfaatkan teras rumah yang tidak terlalu luas,” imbuhnya. DNA
DotyCat - Teaching is Our Passion