Tekan Modal Tingkatkan Hasil Pertanian


PegeyeNews - Dari pertemuan beberapa kelompok tani tujuh kecamatan Grobogan di Klambu(20/12) Yayasan Bina Desa Tsanil Anwar Yasfin, memberikan pengarahan terhadap solusi kendala pertanian termasuk bagaimana meningkatkan penghasilan petani dengan menekan modal serta mengangkat harga panen.

"Yang utama adalah multi kelompok, dimana antar jaringan bisa saling berjejaring. Dari situ akan terkafer kebutuhan masing-masing kelompok, kemudian dari kelompok tersebut, saling memenuhi kebutuhan kelompok lain, sesuai keahlian dan komoditas masing-masing kelompok," terang mantan Ketua SPI Jawa Tengah periode pertama tersebut.

Yang menjadi kendala menurutnya, bukan masalah penjualan hasil pertanian, namun sikap mental dan kejujuran petani yang perlu diperhatikan, sehingga nantinya tidak ada pihak yang dirugikan baik pemilik maupun pembeli.

"Bisa kita sambungkan dengan perdagangan kelas nasional, namun harus benar-benar bisa dipercaya, artinya dalam menjual produk harus sesuai kriteria dan tidak ada kecurangan sedikitpun, jika sudah siap akan kita sambungkan," papar dia
Sementara itu, Kyai Rois yang merupakan sesepuh SPI Wilayah Jateng terus menggali masing-masing potensi kelompok melalui diskusi bebas. "Dengan bukti sejarah dan memberikan pemahaman terhadap pemecahan akar masalah akan terdeninisi kebutuhan serta kekurangan mereka, sehingga dengan tepat bisa teratasi problematika," beber dia.(Rub)

DotyCat - Teaching is Our Passion